KOMPASS INDONESIA

KOMPASS INDONESIA
Berdiri sejak Tahun 1998 , SIUPP No.782/SK/MENPEN/SIUPP/1998 .Oleh Ir.Suryanto.

Halaman

Rabu, 10 April 2019

Kompassindo

Slamet Widodo : Tahun Ini Tidak Boleh Prodi di PTS Akreditasi C



Palembang, Kompassindo - Kepala L2Dikti Wilayah II Prof Dr Slamet Widodo MS MM menghimbau Perguruan Tinggi Swasta untuk meningkatkan akreditasinya. Bahkan, Kepala L2Dikti menegaskan tahun ini tidak boleh lagi ada akreditasi prodi C karena akan berdampak pada sepi peminat.


Hal tersebut diungkapkan Kepala L2Dikti Wilayah II Prof Dr Slamet Widodo MS MM saat diwawancarai usai Pertemuan peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Hotel Aryaduta, Rabu (10/4/2019)



Dia mengatakan, pertemuan ini rutin dilksanakan. Pihaknya mengumpulkan dosen pns yang diperbantukan di PTS. "Yang hadir disini sekitar 700 dosen. Ini bertujuan untuk penguatan di PTS," ujarnya.



Melalui kegiatan ini, lanjut Slamet, pihaknya ingin PTS meningkatkan akreditasinya, agar  mendapatkan alumni yang berkualitas.



"Kegiatan ini rutin dilaksanakan. Antara lain untuk  peningkatan akreditasi, statuta serta menghimbau PTS meningkatkan sarana dan prasarana. Kita ada 35 kegiatan setiap tahunnya,"katanya. 



"Dengan adanya kegiatan seperti ini, capaian kinerja kita nomor satu di Indonesia. Tugas kita pengawasan, pengendalian dan pembinaan PTS dan PTN," urainya. 



Slamet menjelaskan, tantangan peningkatan pendidikan saat ini adalah persaiangan dan ada kejenuhan. "Kami mengutamakan kualitas, dengan melihat  akreditasi Prodi di PTS.  Pada tahun 2019 ini tidak boleh akreditasi C. Karena itu nantinya berdampak pada prodi itu sepi peminatnya,"terangnya.



"Tahun ini sudah banyak yang naik akreditasi prodi di PTS dari C ke B. Bahkan banyak juga yang naik dari B ke A, itu yang paling banyak di PTS di Lampung. Kalau akreditasinya sudah A, maka semakin banyak diminati," urainya.



"Kendala untuk menaikkan akreditasi adalah  sarana dan prasarana, SDM. Kunci utamanya adalah kualitas SDM serta komitmen yang tinggi. Karena yang dilihat calon mahasiswa adalah akreditasi. Kalau akreditasinya baik pasti banyak peminatnya," pungkasnya. (fadel)


Subscribe to this Blog via Email :