KOMPASS INDONESIA

KOMPASS INDONESIA
Berdiri sejak Tahun 1998 , SIUPP No.782/SK/MENPEN/SIUPP/1998 .Oleh Ir.Suryanto.

Minggu, 19 Mei 2019

Kompassindo

IPC Palembang Selenggarakan Kegiatan Safari Ramadhan



Palembang, Kompassindo – Menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Indonesia Port Corporation (IPC) Palembang menggelar kegiatan Safari Ramadhan dengan tema "Ramadhan Bersama BUMN Penuh Cinta dan Kebahagiaan" di kantor IPC Palembang, Boom Baru, pada hari Jum’at (17/5/2019).


General Manager IPC Palembang, Bapak Agus Edi Santoso, menyampaikan bahwa kegiatan Safari Ramadhan merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh manajemen PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) setiap kali memasuki Bulan Suci Ramadhan untuk mempererat tali silaturahmi dengan seluruh mitra kerja, stakeholder, instansi pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat. Namun pada penyelenggaraan kegiatan Safari Ramadhan tahun 2019 ini terasa lebih spesial, mengingat penyelenggaraannya tidak hanya dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) saja, namun dilaksanakan secara bersama-sama dengan BUMN lainnya, yakni PT Perkebunan Nusantara VII (Persero) dan Perum Perumnas, dalam tajuk Safari Ramadhan BUMN Hadir Untuk Negeri 2019. 



”Program BUMN Hadir Untuk Negeri merupakan sebuah program nyata bagi Kementerian BUMN dan seluruh BUMN termasuk IPC, PTPN VII dan Perumnas untuk senantiasa memberikan sumbangsih terbaiknya bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya dalam membangun kesejahteraan dan juga berperan dalam mewujudkan pemerataan hasil pembangunan bagi seluruh masyarakat Indonesia, diantaranya melalui program Corporate Social Responsibility (CSR)”, jelas Bapak Agus Edi.



Bapak Agus Edi menjelaskan bahwa pada kegiatan Safari Ramadhan tahun 2019 ini pihaknya mengundang 1.500 orang terdiri dari mitra kerja, pengguna jasa, stakeholder dan masyarakat. Adapun untuk bantuan dan santunan yang diberikan diantaranya berupa: bantuan pendidikan bagi 25 siswa/siswi sekolah berprestasi namun kurang mampu mulai dari level Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, pemberian bingkisan lebaran dan uang santunan kepada 1.000 (seribu) anak yatim piatu dari 29 yayasan, dana bantuan perbaikan beberapa rumah/sarana ibadah seperti masjid, mushalla, pondok pesantren dan yayasan panti asuhan, serta pemberian 1.000 kitab suci Al-Quran kepada masjid/panti asuhan/lembaga pendidikan agama (pesantren), yang seluruhnya ada di kota Palembang.



Pemberian ini merupakan wujud syukur IPC, PTPN VII dan Perumnas sebagai sebuah perusahaan Negara untuk dapat lebih mempererat tali silahturahmi sekaligus memberikan kontribusi nyata kepada seluruh lapisan masyarakat di kota Palembang serta dapat menambah suka cita dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H.



Sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Safari Ramadhan ini juga turut dihadiri oleh Direksi IPC dan pada kesempatan kali ini turut hadir Direktur Operasi IPC, Bapak Prasetyadi. Dalam sambutannya Bapak Prasetyadi menyampaikan rasa syukurnya karena dapat bersilaturahmi secara langsung dengan para mitra kerja, asosiasi, pengguna jasa, serta stakeholder Pelabuhan Palembang lainnya, sekaligus dapat berbagi dengan seluruh masyarakat yang berada di sekitar wilayah Pelabuhan Boom Baru Palembang. 



Menurutnya, saat ini PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) terus bergerak menuju era berbasis digital yang akan mendukung terciptanya pelabuhan kelas dunia di tahun 2020 mendatang. Segala upaya perbaikan dan pembenahan senantiasa dilakukan demi dapat mewujudkan harapan dari seluruh pengguna jasa perusahaan, termasuk menciptakan pelayanan berbasis digital di seluruh aspek pelayanan sehingga pelayanan akan semakin tersistem baik sehingga diharapkan dapat memangkas biaya logistik menjadi semakin efektif dan efisien, dan pada akhirnya diharapkan juga dapat mendorong pertumbuhan eknonomi Provinsi Sumatera Selatan, selaras dengan visi perusahaan yakni ‘menjadi pelabuhan berkelas dunia yang unggul dalam operasional dan pelayanan.


“Sebagai instansi publik Pelabuhan Palembang tidak dapat berkontribusi secara maksimal dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Provinsi Sumatera Selatan apabila tidak didukung secara maksimal oleh seluruh pihak terkait, termasuk masyarakat yang ada di sekitar wilayah pelabuhan. Oleh karenanya, sinergi dan kerjasama yang baik antara seluruh pihak sangat dibutuhkan untuk mewujudkan kinerja di Pelabuhan Palembang yang semakin optimal untuk menekan logistic cost menjadi lebih efisien”, ujar Bapak Prasetyadi. 



Dalam kunjungannya ke Pelabuhan Boom Baru, Bapak Prasetyadi bersama rombongan dan didampingi oleh manajemen IPC Palembang menyempatkan diri meninjau kesiapan layanan dan fasilitas terminal penumpang menjelang arus mudik. Pelabuhan Boom Baru telah menyiapkan panjang dermaga sepanjang 300 m dengan didukung gedung terminal penumpang seluas 366 m2 dengan kapasitas hingga 400 orang. Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru melayani kapal penyebrangan Express Bahari dengan rute Palembang ke Muntok, Pulau Bangka, dan sebaliknya.



Untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang kapal, manajemen IPC Palembang telah menyiapkan fasilitas serta sarana pendukung seperti penyediaan ruang tunggu yang nyaman, ruang laktasi, ruang VIP, smoking room, musholla, dan ruang perawatan menjadi salah satu upaya manajemen IPC Palembang untuk senantiasa memberikan pelayanan yang prima untuk seluruh penumpang kapal. (fadel) 


Subscribe to this Blog via Email :