KOMPASS INDONESIA

KOMPASS INDONESIA
Berdiri sejak Tahun 1998 , SIUPP No.782/SK/MENPEN/SIUPP/1998 .Oleh Ir.Suryanto.

Rabu, 31 Juli 2019

Kompassindo

Walikota Berharap Cilodong Masuk Nominasi Lomba Sinergitas Kinerja Camat



Cilodong-Kompassindo
Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan se Kota Depok tahun 2019, untuk menciptakan berbagai inovasi serta menjalin sinergisitas dengan seluruh pihak terkait (stakeholder). Guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.
Walikota Depok KH.Mohammad Idris menyampaikan, momentum ini sangat strategis sekali untuk saling berinteraksi, dan yang membanggakan bahwa diacara ini baru Kecamatan Cilodong yang melibatkan Forum anak.
Idris menuturkan, lomba sinergitas Kecamatan Tingkat kota ini mempunyai nilai strategis, dengan tujuan mengoptimalkan kinerja para Camat diwilayahnya masing masing ,yakni pelimpahan sebahagian wewenang Walikota kepada para Camat diibaratkan wajah Walikota ada di Camat ataupun di Lurah. Untuk itu agar para Camat maupun para Lurah memahami kebijakan kebijakan Walikota.
“Jangan sampai warga masyarakat menanyakan sesuatu, namun Camat ataupun Lurah tidak bisa jawab, contoh persepsi yang keliru tentang lagu Hati Hati di Traffic Light,” ucap Idris, Rabu (31/7/2019) di Cilodong.
Idris menjelaskan, peluang Kecamatan untuk menyusun kegiatan kegiatan, dimana masih berorientasi pada pagu bukan pada kebutuhan, dan penguatan Sumber Daya Manusia serta kelembagaaan di Kecamatan harus dimaknai sebagai proses investasi kepemimpinan lokal.
Pemerintah Pusat sudah mengeluarkan peraturan, ucap Idris walaupun Juklak maupun Juknisnya belum ada, yakni Camat harus berlatar pendidikan ilmu Pemerintahan dari sisi kompetensi atau mendapatkam sertifikat yang diselenggarakan Pemerintah Pusat.
“Dalam lomba ini ada penilaian untuk Camat sebagai pepemimpinan yaitu essensi pelayanan itu adalah meningkatkan taraf hidup masyarakat dan rakyatnya termasuk para Lurah untuk meningkatkan kepemimpinan.
“Kecamatan Cilodong telah membuktikan dari sisi potensial internal bersama para stake holder penilaian kinerja dari ilmu Pemerintahannya meningkat dari CC menjadi B pada tahun 2018,” Imbuh Idris
Sistem Akuntabilitas Kinerja Ilmu Pemerintahan ( SAKIP ) kota Depok menurut Udris, tahun 2018 masih diposisi B dengan nilai 60,21, sedangkan posisi SAKIP Kecamatan Cilodong adalah 60,14 dengan predikat B pada tahun 2018, dimana pada tahun 2017 predikat CC, adapun SAKIP tertinggi adalah Kecamatan Sukmajaya dengan nilai 64.atau 65.
Hadir diacara ini Walikota Depok KH.Mohammad Idris, Kepala Bagian Pemerintahan Muhsin Mawardi, Tim Penilai, Camat Cilodong Supomo bersama jajaran Lurahnya, Forkopimka, Ketua LPM, Ormas, Ketua TP.PKK beserta Pokja, Kepala UPT Puskesmas, Ketua PGRI, MUI, Forum Anak, Tokoh Masyarakat, Agama, Alim Ulama, dan Tim PKK kecamatan dan TIM PKK kelurahan. (RS)

Subscribe to this Blog via Email :