KOMPASS INDONESIA

KOMPASS INDONESIA
Berdiri sejak Tahun 1998 , SIUPP No.782/SK/MENPEN/SIUPP/1998 .Oleh Ir.Suryanto.

Rabu, 15 Januari 2020

Kompassindo

Dugaan Penyelewengan Anggaran Dana Desa Di Oku Selatan,perlu diusut

PENGERJAAN YANG ASAL-ASALAN
OKU Selatan, KOMPASINDO
Pelaksanaan dana desa Di Desa Tanjung Raya Kecamatan Buay Sandang Aji ( BSA ) Kabupaten OKU Selatan diduga bermasalah,Dana desa anggaran dari APBN termin ke 3 tahun 2019 dan DAD dengan nilai anggaran 40 juta tersebut untuk pembuatan tiga toilet yang dikelola oleh Ida sebagai PJS Kades Desa Tanjung Raya kecamatam Buay Sandang Aji.
Sesuai dengan pantauan KOMPASSINDO dilapangan bahwa Dana Desa yang dikelola ibu Ida sebagai PJS kepala Desa tersebut tidak pernah direalisasikan , begitu juga dengan Panitia Dana Desa tidak pernah dilibatkan
Menurut Salah satu warga Desa dan  juga perangkat Desa Tanjung Raya pada saat di konfirmasi ,  mengatakan bahwa Dana Desa termin ke 3 belum di ketahui di kerjakannya kapan waktunya . Menurutnya pada tahap termin ketiga untuk pembangunan lapangan poli dan pembangunan Bak penampungan air.

Selain anggaran Dana Desa , Desa Tanjung Raya mendapat, untuk pekerjaan pembuatan toilet/ WC anggaran DAD tahun 2019 diduga di kerjakan tidak sesuai dengan  RAB.dan Juknisnya.
Berdasarkan hasil pantauan pembuatan toilet lebar 1 M, panjang 1M, dan di dalamnya hanya ada kloset, tidak ada bak air, juga diduga memakai kayu bekas dan ada kayu pemberian dari masyarakat .
Menurut salah satu tukang yang kami jumpai mengatakan bahwa pembuatan satu toilet menghabiskan dana berkisar tiga juta Rupiah itu termasuk upah tukang. Jadi kalau pembangunan toilet tiga tempat 3x 3.000.000 = Rp. 9.000.000. sedangkan pagu anggaran nya  Rp. 40.000.000. karena itu diduga pembangunan toilet di kerjakan asal-asalan.

Masyarakat juga mengira pembangunan toilet/ WC itulah yang pembangunan nya mengunakan anggaran Dana Desa dan tidak punya  papan nama pekerjaan.


Pekerjaan tersebut dilaksanakan diduga tidak ada musyarawah Desa terkait pengunaan anggaran. Padahal pekerjaan Dana Desa dan pekerjaan pembangunan toilet itu Swakelola atau padat karya. Yang mengelola dana dan yang bekerja adalah orang Didesa itu sendiri.Diharapkan kepada pihak terkait agar segera memeriksa dugaan penyelewengan anggaran dana desa ini agar tidak terjadi penyelewengan anggaran dikemudian hari. 
( Ibrahim ) 

Subscribe to this Blog via Email :