KOMPASS INDONESIA

KOMPASS INDONESIA
Berdiri sejak Tahun 1998 , SIUPP No.782/SK/MENPEN/SIUPP/1998 .Oleh Ir.Suryanto.

Senin, 10 Februari 2020

Kompassindo


DEPOK-KOMPASSINDO
Pemerintah Kota Depok melakukan perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melibatkan beberapa OPD terkait pelaksanaan pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor. Dalam perjanjian tersebut terdapat dua hal yaitu Samsat mobile Jabar dengan program sistem informasi perizinan online di Kota Depok dan pengintegrasian persoalan pajak dengan memotivasi masyarakat untuk meningkatkan ketaatan pajak melalui pembayaran pajak.
“Kita minta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Badan Keuangan Daerah (BKD) untuk membantu penelusuran pajak kendaraan bermotor,” ucap Walikota, kepada media usai acara MoU.
Kemudian lanjut Idris, Koperasi harus ikut berperan membantu dalam pembayaran pajak. Setelah perjanjian kerjasama ini, maka warga Depok termasuk ASN bisa membayar pajak kendaraan bermotor melalui Koperasi. Kita akan berdayakan Dinas Koperasi dan UMKM,” ujar Idris di Hotel Bumi Wiyata.
“Saya berharap para Camat dapat membantu mensukseskan kegiatan ini, karena masih banyak ASN di tingkat kecamatan dan kelurahan yang harus didorong untuk taat pajak,” kata Idris.
Idris menegaskan, jika dalam program ini sudah berjalan dan mengalami hambatan dari ASN, maka Walikota akan menerapkan sanksi bagi ASN. Sanksi tersebut diantaranya penangguhan jabatan, penangguhan gaji berkala, dan penangguhan tunjangan penghasilan pegawai.
“Hanya ditangguhkan, bukan dihilangkan. Sanksi ini bukan untuk menyusahkan atau menyengserakan, tapi sebagai warga negara Indonesia harus taat pajak, khususnya ASN merupakan teladan bagi masyarakat,” tuturnya.
Sementara itu, Kepala P3D Samsat Depok Satu, Hj. Ida Hamidah menuturkan, keterlibatan Pemkot Depok terhadap pelaksanaan pemungutan pajak Kendaraan bermotor, merasa bersyukur sebab target pencapaian pendapatan pajak bermotor akan memberikan kekuatan yang baik bagi jajaran Samsat Depok Satu, untuk terus meningkatkan kinerjanya.
“Cara Penagihan melibatkan Koperasi merupakan terobosan menarik, karena bayar pajak bisa pinjam koperasi dan dicicil, ditempat lain belum ada yang melakukan ini,” paparnya.
Bapenda Jabar kata Hj. Ida, telah mengeluarkan program tabungan Samsat, dimana masyarakat bisa mencicil pembayaran pajak kendaraan melalui Bank BJB. Terobosan Pemkot Depok sangat luar biasa,” tuturnya.  (Radot. S)

Subscribe to this Blog via Email :