KOMPASS INDONESIA

KOMPASS INDONESIA
Berdiri sejak Tahun 1998 , SIUPP No.782/SK/MENPEN/SIUPP/1998 .Oleh Ir.Suryanto.

Minggu, 01 Maret 2020

Kompassindo

Edi Sitorus : Anggaran 2.7 Disetiap Kelurahan Bisa Dimanfaatkan Oleh Masyarakat


DEPOK-KOMPASSINDO
Edi Sitorus Anggota DPRD Kota Depok mengatakan terkait anggaran 2,7 yang telah diberikan kepada setiap kelurahan se – kota Depok adalah program yang memang wajib dilaksanakan oleh pemerintah daerah melalui kelurahan
“Anggaran itu dibagi menjadi dua pemanfaatan, 1 miliar untuk infrastruktur fisik, kemudian yang 1,7 untuk pemberdayaan masyarakat.dalam hal ini dirinya menghimbau kepada pemerintah daerah agar program ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,namun harus hati hati”. Katanya kepada sketsa usai hadiri Forum Renja Dusrumkim di Wisma Hijau (20/02).
Menurutnya untuk kegiatan fisik, anggaran ini diberikan langsung kepada masyarakat, agar mereka bisa turut berperan aktif dalam pembangunan yang sifatnya swakelola. mudah-mudahan arahnya ke sana.
“Jika anggaran satu miliar ini menjadi program Dinas PUPR dengan nilai 200jt. kan sudah ada dinas terkait. Jadi jangan sampai ada program fisik dengan nilai 30 juta untuk kebutuhan perbaikan saluran maupun jalan lingkungan, harus kembali lagi ke Pemda”ujar Edi.
Namun lanjutnya, anggaran ini harus didorong agar masyarakat bisa turut berperan aktif, minimal yang mengerjakan masyarakat sehingga mereka berpeluang untuk bekerja dan mendapatkan penghasilan.katanya.
Kami sebagai dewan juga konsen untuk mengawasi secara hati-hati jangan sampai ada kesalahan saat melakukan pengawasan pada penggunaan anggaran tersebut yang dilakukan pihak kelurahan, karena dana ini cukup besar.
“jika dari anggaran ini bisa berjalan secara baik maka ada tanda-tanda perbaikan terhadap apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, kemudian yang kedua peran serta masyarakat juga terlihat, dan berharap anggaran ini di swakelola oleh masyarakat”,ujar Edi.
Dirinya berpesan kepada pihak kelurahan dalam penggunaan anggranjya pun harus melihat juklak dan juknisnya. Minimal harus dipelajari. karena ini terkait anggaran yang cukup besar. ini ada tanggung jawab langsung kepada Lurah dikelurahan .
“jangan sampai anggaran ini berjalan tidak seauai dan tidak tepat sasaran,dikhawatirkan hal ini akan menjadi persoalan. artinya kelurahan bersama aparatur, harus betul-betul melakukan kajian apa sesungguhnya yang dibutuhkan masyarakat “papar Edi. (Radot. S)


Subscribe to this Blog via Email :